Search This Blog

Monday, March 14, 2011

10 Hewan Bertabiat Penipu


Tidak hanya menghindar dari masalah, dunia evolusi hewan juga menciptakan spesies dengan kemampuan berbur unik. Kamuflase dan trick “menipu” menjadi rahasia kesuksesan didalam kemampuan berburu, berikut ini adalah hewan tersebut.


1.Margay
Disaat spesies kerabat kucing lain mengembangkan teknik berburu dengan kecepatan, taring dan cakar, Margay justru terampil dengan kemampuannya menirukan suara hewan lain, seperti monyet yang kesakitan, suara burung dan tikus. Suara yang dihasilkan sengaja dikeluarkan untuk menarik perhatian mangsa, stelah mendekat, tandanya makanan siap disantap.





2.Kunang-kunag Photuris
Termasuk Coeleoptera (Bersayap lapis) dengan sifat kanibal. Umumnya kuniang-kunang sering berkomunikasi dengan cahaya yang dikeluarkan untuk menemukan pasangan. Pejantan biasanya terbang untuk memcari respon kunang-kunang betina yang ada di tanah. Ketika respon sinyal dibalas, sang jantan akan turun, tidak jarang ternyata yang membalas adalah kunang-kunang Photuris yang akan menyantapnya dengan mudah.



3.Coati
Makanan favoritnya cacing, telur, buah-buahan dan serangga. Coati juga kerap memburu hewan yang ukurannya lebh besar darinya, seperti Iguana. Namun uniknya, Coatis sering berburu bersama dengan teknik layaknya manusia. Beberapa Coati sengaja memanjat pohon, sisanya menunggu dibawah. Setelah Iguana ketakutan dan jatuh, cakar dan taring Coati yang menunggu dibawah kemudian bekerja dan melumpuhkannya.





4.Serangga Pembunuh Laba-laba
Umumnya, laba-laba sering menjadikan serangga santapannya. Tapi tidak untuk jenis yang satu ini. Ketika mendapati sarang laba-laba, serangga ini sengaja menggetarkan dengan kaki. Berharap laba-laba datang.







5.Bangau Hijau
Bangau hijau sering menjatuhkan benda kecil untuk menipu ikan santapannya berpikir sedang ada serangga jatuh di air. Tidak Cuma itu, untuk mendapatkan ikan yang lebih besar, hewan ini sering mencuri roti yang digunakannya untuk memancing dengan cara yang sama. Peneliti percaya dalam mendapatkan keahliannya, hewan ini sering terinspirasi dari tingkah laku manusia.



6.Ular Bertentakel
Selain memiliki tentakel yang mirip cacing atau hewan laut lain, bagian tubuh ular ini juga dgunakan sebagai sensor getaran. Begitu mangsa lengah sepersekian detik, serangan dapat dilakukan dan ikan jadi santapan.








7.Anglerfish
Hewan ini sering digambarkan sebagai sosok monster dalam beberapa judul film kartun produksi Disney. Seperti itulah rupa Anglerfish dengan taring yang kelewat terlalu tak normal di rahang mulut ikan ini. Tapi bukan itu yang membuat hewan ini masuk dalam daftar 10 besar. Kemampuannya menciptakan cahaya bakteri yang ada di tentakelnya, sering menipu calon mangsanya yang kebanyakan ikan-ikan kecil.





8.Wobbegong
Ikan jenis ini memiliki ciri unik dengan kepala berbentuk dan berwarna mirip terumbu karang. Dn sepertinya, Wobbegong tidak susah mendapatkan makanan, karena terumbu karang adalah rumah dan tempat berlindung dari banyak ikan di lautan.


9.Cantil
Sekilas hewan ini tak jah beda dengan ular kebanyakan. Hanya saja Cantil memiliki lidah unik dan sekilas mirip dengan cacing. Hal ini sangat berguna untuk memancing mangsanya yang suka makan cacing.






10.Kura-kura Aligator
Seperti halny Cantil, Kura-kura Aligator memiliki cara unik dengan lidahnya yang mirip cacing. Dengan menggerak-gerakkan lidahnya, ikan banyak yang tertipu untuk masuk kedalam rahangnya yang dilengkapi gigi setajam silet.
     

No comments:

Post a Comment