Search This Blog

Loading...

Saturday, March 5, 2011

Macam-macam vitamin yang diperlukan di dalam tubuh manusia




Vitamin yang Larut Air
Vitamin
Sumber
Fungsi di dalam tubuh
Akibat defisiensi
Vitamin B1 (tiamin)
Biji-bijian, padi (beras tumbuk), bekatul, daging unggas, telur, sayuran dan buah-buahan
Koenzim untuk memindahkan CO2 dari senyawa organik
Beri-beri yang ditandai dengan gangguan saraf, anemia, edema (penumpukan abnormal cairan pada bagian tubuh tertentu)
Vitamin B2 (ribovlavin)
Produk-produk dari susu, daging, biji-bijian dan sayuran
Koenzim berbagai proses metalbolisme dalam tubuh dan sebagai anti oksidan
Peradangan pada kulit (dermatitis), bibir pecah-pecah, peradangan pada kerongkongan dan lidah
Vitamin B3 (niasin)
Kacang-kacangan, daging, biji-bijian, dan sayuran
Koenzim pada metalbolisme asam amino
Penurunan ukuran dan jumlah sel darah merah, gangguan pencernaan, lesi pada kulit, kerusakan hati
Vitamin B5 (asam pantotenat)
Hampir semua makanan seperti daging, produk-produk dari susu, biji-bijian, dan lain-lain
Komponen koenzim A
Kelelahan, mati rasa, rasa kesemutan pada tangan dan kaki
Vitamin B6 (piridoksin)
Daging, sayuran, dan
biji-bijian
Koenzim yang berperan dalam dalam metabolisme asam amino
Kulit rusak, gangguan saraf motorik, kalainan pada darah, peradangan di sekitar mulut, lidah, dan kulit
Vitamin B12
Daging, telur, dan produk-produk dari susu
Koenzim yang berperan dalam metabolisme asam amino dan berperan dalam pematangan sel darah merah
Anemia dan gangguan saraf
Vitamin C (asam askorbat)
Buah-buahan dan sayuran
Berperan sebagai antioksidan, detoksifikasi meningkatkan penyerapan zat besi, aktivator bermacam-macam enzim
Penyakit sariawan, skorbut, penurunan jumlah sel darah merah, gangguan pencernaan, menurunnya kekebalan tubuh

Vitamin yang Larut Lemak
Vitamin
Sumber
Fungsi di dalam tubuh
Akibat defisiensi
Vitamin A (retinol)
Provitamin A (betakaroten) pada sayuran dan buah berwarna hijau dan kunig kemerahan (oranye)
Komponen pigmen penglihatan, antioksidan, membantu metabolisme protein, berperan dalam fungsi kekebalan dan reproduksi
Gangguan penglihatan, kulit kasar dan kering, gengguan pertumbuhan dan kekebalan tubuh menurun
Vitamin D
Produk-produk dari susu, kuning telur, keju, kacang-kacangan, ikan
Mmbantu penyerapan dan penggunaan kalsium dan fosfor untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang
Riketsia (kaki bentuk huruf O dan X pada anak-anak), kerusakan otak, ginjal, dan jantung, tulang keropos setelah tua (osteoporosis)
Vitamin E (tokoferol)
Minyak sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian, kuning telur, susu
Antioksidan, mencegah kerusakan membran sel, berfungsi dalam kesuburan reproduksi dan pembentukan sel darah merah
Anemia, mengganggu kesuburan
Vitamin K (filokinon)
Sayuran hijau, kacang-kacangan, hati, vitamin K juga disintesis di usus besar oleh bakteri
Berperan dalam pembekuan darah
Gangguan dalam pembentukan darah




No comments:

Post a Comment