Search This Blog

Saturday, March 5, 2011

10 Jembatan Menakjubkan Dunia


Jembatan tidak hanya sekedar penghubung, di berbagai negara juga nggak luput dari sentuhan kreasi dari seorang arsitektur. Ingin tahu jembatan apa aja yang menakjubkan? Baca baik-baik, ya!

1.Banpo Bridge (Korea Selatan) 
Jembatan Banpo didirikan pada 9 September 2008 yang terletak di Seoul ini dikenal sebagai jembatan cantik dengan air mancur. 10.000 nosel air mancur yang berjalan sepanjang jalan di kedua sisinya dengan 190 ton air per menit membuat tempat ini terlihat cantik dan menjadi salah satu tempat rekreasi di Seoul.













2.Millau Bridge (Perancis) 
Juga dikenal dengan nama World’s Tallest Vehicular Bridge. Menjulang tinggi di atas 1.25 feet Tarn Valley di Selatan Perancis. Mengemudi di sepanjang Jembatan Millau dikatakan merasa seperti terbang. Bayangkan saja, jembatan ini sedikit lebih tinggi dari Eiffel Tower. Wuih! Eiffel aja tinggi sekali! Apalagi jembatan ini! Dibutuhkan waktu 3 tahun untuk membangun Millau Bridge dan dibuka umum tahun 2004.















3.Henderson Waves (Singapore)
 Ketinggiannya mencapai 36 meter atau setara dengan bangunan 12 lantai. Jembatan Henderson Waves merupakan jembatan penyebrangan tertinggi di Singapura. Selain design-nya yang indah, jembatan in menghubungkan taman Mount Faber dan Telok Blangah Hill. 

 











4.Hangzhou Bay Bridge (China)
 Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di dunia. Jaraknya 35.673km atau sekitar 22mil. Menghubungkan kota Shanghai dan Ningbo. Hangzhou Bay Bridge didirikan pada 1 Mei 2008 dengan total investasi RMB 11, 8 miliar (sekitar 1,4 miliar USD
















5.Rolling Bridge (United Kingdom) 
Nah, ini nih jembatan paling gokil. Seperti tikar, kalo gak dipake, jembatan ini bisa digulung. Haha… Perancangnya Heatherwick Studio, pemenang penghargaan Rolling Bridge Paddington Basin yang terletak di London. 


















6.The Octavio Frias de Oliveira (Brazil)
 Duh, namanya panjang amat. Meskipun namanya ribet, tapi jembatan ini punya kontur unik. Design melengkung geladak jembatan salib satu sama lain berbentuk X. Membelah Pinheiros di Sao Paulo, Brazil. Resmi dibuka pada Mei 2008. Panjangnya 138 meter atau 450 kaki. T.O.F.d.O. menghubungkan ke Pinheiros Marjinal Jornalista Roberto Marinho Avenue 















7.Wind and Rain Bridge (China)
Panjangnya lebih dari 50 meterdan pertama kali dibangun pada tahun 1894 selama masa Dinasti Qing lebih dari 100 tahun yang lalu. Namun struktur asli hancur disebabkan oleh kebakaran besar pada tahun 1959. Pembuatan kembali selesai pada tahun 1964. Whew, China memang Negara yang penuh sejarah















8.Tower Bridge (Inggris)
 Paling terkenal dan jembatan cantik Victoria. Salah satu symbol kota London nih ga perlu ditanyakan keindahan design-nya. Dibangun selama 8 tahun, dan dikerjakan oleh 432 pekerja. Dibangun dengan bahan seberat 11.000 ton. Selesainya tahun 1894 dan perancangnya Horace Jones dan Wolfe Barry.
















9.Magdeburg Water Bridge (Jerman) 
Hm, nama yang aneh. Jembatan ini menghubungkan bekas Jerman Timur dan Barat di atas Sungai Elbe, sebagai bagian dari proyek penyatuan. Hebatnya, gak cuma kendaraan yang bisa lewat, tapi juga mampu menyeberangkan kapal Feri. Jembatan sepanjang 1km ini menghabiskan dana sebesar 500 juta 
















10.Euro.Ponte Vecchio (Italia) 
Design-nya menurutku klasik, hehehehe… Tapi indah banget. Ponte Vecchio adalah jembatan tertua di Italia. Gak ada catatan resmi tahun berapa didirikan, yang pasti, awalnya jembatan ini memiliki konstruksi dari kayu dan hancur pada tahun sekitar 1333. 12 tahun kemudian, jembatan ini didirikan kembali dengan bahan batu dan berdiri hingga kini.
 

No comments:

Post a Comment