Search This Blog

Monday, March 14, 2011

Tips Mengatasi Kegagalan




Semua orang pernah gagal. Pengalaman membuktikan, sukses diraih bukan tanpa usaha keras ddan pengorbanan, bahkan setelah melalui kegagalan yang beruntun. Kegagalan apalagi yang datangnya seketika, mampu mengguncangkan jiwa. Karenanya, dalam menerima kegagalan pun dibutuhkan kesiapan diri. Inilah caranya:
1.     Kenalilah diri sendiri
Orang yang mengenal diri sendiri tidak akan mencari kambing hitam atas kegagalannya. Ia bahkan melihat kekurangan dan kesalahan yang dilakukannya. Ia juga menyadari, sesuatu terjadi pasti ada penyebabnya. Karena itu, ia akan mencari sebab-sebab terdalam dari dirinya sendiri, selanjutnya mengatasi sebab-sebab itu.
2.     Berusaha didasari “pasrah”
Kemampuan manusia memang terbatas. Mau tidak mau kita harus mengakui bahwa di luar kekuasaan manusia, ada kekuasaan lain yang maha hebat, yakni kekuasaan Tuhan. Oleh karena itu, jika mengharapkan sesuatu, serahkan dahulu berhasil atau tidaknya pada Tuhan. Setelah itu, berusahalah sungguh-sungguh untuk mencapainya.
3.     Memandang kejadian sebagai peristiwa positif
Orang bjak sering mengatakan bahwa kegagalan bukan berarti hancurnya seluruh kehidupan, tetapi merupakan penundaan sementara sebuah cita-cita. Jdikanlah kegagalan sebagai pendidikan terhadap diri kita sendiri, sehingga kegagalan itu diyakini mengandung kebaikan.


No comments:

Post a Comment