Search This Blog

Monday, March 14, 2011

Tips Mencegah Diare di Perjalanan




Diare sering dialami oleh para turis atau seseorang yang menempuh perjalanan jauh. Akibatnya, penyakit ini sering merusak acara-acara indah di luar kota yang sudah disusun dengan baik. Menurut penelitian, diare sering menyerang mereka yang melakukan perjalanan di daerah beriklim tropis atau sub tropis, seperti di Indonesia.Karena bakteri staphylococcus mudah berkembang biak di daerah seperti ini.
Berikut ini beberapa cara pencegahannya:
ü Pilih menu yang aman dan sehat. Misalnya nasi putih dan telur asin atau makanan yang di bungkus daun.
ü Pilih minuman yang sehat seperti air putih yang sudah dididihkan / matang atau air dalam botol steril, dan minuman hangat.
ü Jangan makan sayuran mentah atau buah-buahan tanpa dicuci. Karena, bakteri staphylococcus sering terdapat pada buah-buahan dan sayuran mentah yang dijajakan oleh pedagang.
ü Jangan minum es campur, es buah, es krim. Karena minuman tersebut biasanya tidak terjamin dari segi kesehatannya dan juga sering sudah basi tetapi masih dijual.
ü Jangan membawa makanan dari rumah, karena dalam banyak kasus biasanya makanan yang dibawa dari rumah sudah basi di tengah perjalanan.
ü Jangan membeli makanan gorengan yang sudah basi, misalnya yang dijajakan di tengah perjalanan.
Jika sudah selektif memilih makanan, masih terkena diare juga, segeralah ke dokter. Obat anti-diare bisa digunakan untuk tahap awal sesuai petunjuk apoteker. Jika terserang hebat, sebaiknya segera ke rumah sakit terdekat unruk menjalani terapi klinis.


No comments:

Post a Comment