Search This Blog

Saturday, March 5, 2011

11 Keajaiban Geologi di Dunia


Usia bumi uang sudah berjuta-juta tahun ternyata menyimpan banyak keajaiban. Berikut ini adalah 11 diantaranya
1.The Wave
Terletak diantara Arizona dan Utah, Amerika. Tempat ini memiliki tekstur unik, yaitu pasir yang berumur 190 juta tahun dan berubah menjadi batu







2.Great Blue Hole
Berada di jarak 60 mil dari kota Belize. Lingkaran yang berdiameter 0.4 kilometer. Tempat yang enak untuk diving, didalamnya sekitar 480 kaki atau 145 meter. Karena kedalamannya itulah warnanya jadi biru tua.





3.Crystal Cave of The Giants
Sesuai namanya, tempat ini adalah Gua Kristal besar yang terletak di pertambangan di daerah Chihuahua, Meksiko. Batu gamping yang mengandung perak-seng-timbal, kemungkinan terlarut oleh fluida hidrothermal yang mengandung logam dan mengkristalisasi




4.Eye of the Sahara
Berada di barat daya Gurun Sahara. Berdiameter 30 mil, sehingga terlihat jelas dari angkasa. Bentuknya yang bulat itu masih merupakan misteri.



5.Blue Lake Cave
Tempat terkenal dunia “Gruta do Lagu Azul” (Blue Lake Cave) merupakan bangunan alami yang secara interior disusun oleh stalagtit, stalagmit dan danau biru raksasa yang indah. Keindahan danau ini merupakan sesuatu yang sangat impresif. “The Blue Lake Cave” juga memiliki berbagai variasi formasi geologi, namun warna biru yang sangat indah merupakan hal utama yang mengesankan dari danau ini.

6.Giant Causeway
Disebabkan oleh reaksi vulkanik pada saat gunung meletus. Kebanyakan bentuknya adalah Hexagonal, yang tertinggi ada sekitar 12 meter.






7.Wave Rock
Terbuat alami dengan sendirinya, diberi julukan “Wave Rock” karena bentuknya menyerupai ombak. Tingginya bisa mencapai 15 meter dan panjangnya sampai 110 meter.






8.Green Canyon
Tempat berlibur yang sangat indah ini ternyata terletak tidak jauh dari kita. Tepatnya berada di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia. Tempat berlibur ini sangat disarankan untuk warga Indonesia.





9.Danau 3 Warna
Danau tiga warna terletak di puncak kawah Gunung Kalimutu yang menjadi salah satu dari keajaiban dunia ini, benar-benar mempesona dengan keindahan dan misteri yang tersimpan di puncak gunung setinggi 1690 meter di atas permukaan laut itu.




10.Chocolate Hills
Luasny mencapai 50 kilometer persegi. Terletak di Bohol, Filipina. Diperkirakan terbentuk karena aktivitas vulkanik











11.Danau Berwarna Pink
Berada di sebuah pulau di Australia Barat. Matthew Flinders menemukannya pada tahun 1802 dan sampai sekarang, tidak ada yang tahu mengapa danau itu berwarna pink

No comments:

Post a Comment