Search This Blog

Wednesday, March 9, 2011

Sejarah Singkat Musik Heavy Metal Dunia


Nama Heavy metal sendiri digagas oleh Band Classic Rock Tahun 60'an Steppenwolf, dalam lagu mereka yang berjudul 'Born To Be Wild' (ada di baris kedua bait kedua).
"I like smoke and lightning, Heavy metal thunder, Racin' with the wind, And the feelin' that I'm under".
Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album debut mereka yang berjudul ' Black Sabbath'.
Dari tahun 1960-an atau bisa disebut Blues Rock seperti Led Zeppelin, lalu AC/DC, Classic metal dan disekitar 60an sampai 70'an atau disebut Classic Rock seperti Black Sabbath, Blue Oyster Cult, Deep Purple, Alice Cooper. Permainan Classic metal musiknya dikendalikan oleh riff yang lebih bluesy.

Evolusi musik

Berikut beberapa jenis metal lagi:

70'an

Heavy Metal awal 70'an digawangi oleh band-band seperti Led Zepplin, Black Sabbath, dan Deep Purple. Heavy Metal pada era tersebut masih dipengaruhi oleh elemen Blues yang kental. Judas Priest mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat, dan harmoni. Pada akhir 70'an, munculah genre New Wave oF British Heavy Metal yang dipelopori Motorhead, NWOBHM menggabungkan Punk dan Heavy Metal. Band-band NWOBHM lainnya adalah Iron Maiden, Saxon, Diamond Head, dll.

Awal 80'an

Awal era 80' an Di gawangi oleh band-band NWOBHM seperti Motörhead, Iron Maiden, dan Diamond Head. Heavy Metal akhirnya bertabrakan dengen musik Pop, hal ini memunculkan genre baru yang disebut Glam Metal, Glam Metal berhasil menerobos chart-chart papan atas, hal ini menyebabkan Heavy Metal lebih tersebar cepat di seluruh dunia.
Black Sabbath

 AC/DC

Led Zeppelin
Motorhead

Alice Cooper
Iron Maiden

No comments:

Post a Comment