Search This Blog

Monday, March 14, 2011

Tips Tidur Sehat

Setelah bangun tidur badan anda terasal pegal, linu, atau pusing? Jika mengharapkan bangun tidur dalam keadaan segar, cobalah lakukan “pemanasan”, atau lebih tepatnya mengatur posisi lebih dulu sebelum tidur. Ada dua cara yang bisa dipilih:


          Tidur dengan posisi miring ke kanan
          Ganjal kepala dengan bantal yang tidak terlalu tebal dengan posisi kepala bagian bawah tidak lebih rendah daripada bagian atas. Telinga kanan jangan sampai terlipat. Usahakan tangan kanan tidak tertindih badan. Letakkan tangan kanan kiri pada pinggul, dan tekuk kaki ke arah perut sehingga membuat sudut antara betis dan paha. Pergelangan kaki kanan diletakkan di atas pergelangan kaki kiri. Ingat, posisi paha kiri masih di atas paha kanan. Dengan tidur miring ke kanan ini, pencernaan dan peredaran darah akan lancar, karena organ tubuh berada pada tempatnya. Hasilnya, tubuh dapat beristirahat dengan baik.


          Tidur dengan posisi telentang
          Ganjal batas kepala dan leher dengan bantal yang tidak terlalu tinggi. Kepala hendaknya menoleh ke kanan. Pertemukan jari-jari sedemikian rupa sehingga sela-sela jari tangan yang satu terisi dengan yang lain, kemudian letakkan antara dada dan pusar. Tapi, jangan sampai nafas jadi sesak karenanya. Setelah itu, letakkan pergelangan bawah kaki kanan di atas pergelangan atas kaki kiri dengan posisi tumit kanan menggantung.
          Apabila terasa jenuh setelah beberapa saat, ambilah posisi yang anda inginkan. Namun, hindari posisi tidur telungkup. Posisi ini membuat dada sesak dan organ di dalamnya tertekan, sehingga sirkulasi udara dalam tubuh terganggu. Atau tidur miring ke kiri. Hal ini membuat pencernaan terganggu, karena posisi lambung menggantung dan jantung tertekan. Selamat Mencoba

No comments:

Post a Comment